skip to mainskip to atasskip to tengahskip to sidebarskip to sidebar

10 Ending Film yang paling Menjengkelkan (Video)

No comments
[lihat.co.id] - Sutradara film kerap kali menyertakan twist ending dalam film garapan mereka untuk membuat penonton kaget. Bagaimana tak kaget kalau ternyata ending yang mereka hadirkan memutarbalik semua pemahaman kita akan jalinan cerita filmnya dari awal. Tak jarang penonton dibuat takjub, penasaran, kecewa, atau bahkan jengkel saat keluar dari gedung bioskop.

Beberapa sineas Hollywood sukses memasukkan twist ending ke dalam film mereka, contoh saja M Night Shamalan lewat THE SIXTH SENSE serta Bryan Singer

Menempatkan twist ending tentu bukan perkara mudah, ada banyak risiko yang harus diambil. Kalau tak sukses, bisa-bisa ending tersebut merusak film kenikmatan penonton dalam menikmati filmnya.

Berikut ini beberapa twist ending film yang dikutip dari Kapanlagi, bikin penonton mengumpat saking jengkelnya:

1. Jangan tertipu zaman
[lihat.co.id] - M. Night Shyamalan langsung mendapat gelar sebagai sutradara muda menjanjikan lewat karyanya THE SIXTH SENSE. Hal tersbut tak lain karena ia mampu menyajikan twist ending yang keren dalam film tersebut. Namun hal tersebut juga menjadi kutukan baginya. Tekanan untuk menghadirkan karya lebih baik dari film THE SIXTH SENSE membuatnya memaksakan sebuah twist ending dalam filmnya.

Salah satu yang fatal adalah twist ending dalam THE VILLAGE (2004). Hampir di 4/5 film penonton dibuat percaya bahwa kisah filmnya mengambil settings sebuah pemukiman terpencil di tengah hutan di era 30-an. Horor tentang makhluk aneh yang mengepung pemukiman mereka pun terasa nyata.

Tapi kekaguman penonton langsung sirna saat di akhir film diketahui bahwa pemukiman tersebut adalah eksperimen beberapa warga pemukiman. Mereka ternyata sekelompok profesor yang mengucilkan diri dengan anak-anak mereka dari kecil di tengah hutan, di masa sekarang...

2. Salah satu tokohnya hantu
[lihat.co.id] - Di sepanjang film, SAFE HAVEN mungkin berjalan biasa layaknya film drama adaptasi Nicholas Sparks stuff, gadis dengan masa lalu yang buruk pindah ke sebuah kota untuk kemudian jatuh cinta kepada pria tampan dan berteman dengan perempuan yang tinggal di kota tersebut. Semua berjalan seperti pola generik dalam sebuah film drama romantis.

Yang menjadikan tak biasa ternyata adalah teman perempuan sang tokoh utama adalah hantu istri pria yang kini sedang dipacari oleh tokoh utamanya. WOW! Hantu tersebut ingin memastikan bahwa tokoh utama layak menjadi istri baru sang pria.

3. Pria itu iblisnya
[lihat.co.id] - Tyler Perry tak biasanya menulis kisah yang mengeksploitasi tentang AIDS dalam film. Film terbarunya, TEMPTATION: CONFESSION OF MARRIAGE COUNSELOR mengisahkan tentang seorang pengusaha muda dan seksi yang kerap flirting di internet untuk menjebak perempuan yang tergoda akannya. Jika ada perempuan yang jatuh ke dalam perangkap, ia akan menularkan AIDS yang dideritanya kepada perempuan tersebut karena ia sendiri adalah pengidap AIDS.

Apa tujuannya hingga pria pengusaha tersebut tega menjebak para perempuan? Tak lain karena dia adalah jelmaan iblis. Hal tersebut secara jelas diperlihatkan lewat detil penokohannya, seperti ia suka berkata "biarkan aku menjadi pengacara iblis" dan kegemarannya mengemudikan mobil merah, serta perapian di rumahnya yang kerap menyala sendiri. Yang paling kentara tentu saja ketika ibu baptis tokoh utama wanita berteriak, "DIA ITU IBLIS...DIA ADALAH IBLIS SEBENARNYA.".

4. Semua hanya mimpi?
[lihat.co.id] - Setan sering dibawa-bawa sutradara jika menyangkut tentang twist ending. Contohlah film THE DEVIL'S ADVOCATE (1997), di dalamnya Keanu Reeves dikisahkan sebagai pengacara handal yang pindah dari Florida ke Manhattan untuk bergabung dalam firma yang lebih besar. Tak disangka atasan barunya di sana adalah jelmaan setan yang tak lain adalah ayahnya sendiri. Tak cukup mengerikan, ayahnya tersebut ingin anaknya menikahi saudari tirinya demi lahirnya para anti Kristus.

Twistnya? Saat Keanu menolak tunduk dalam rencana ayahnya tersebut, ia bunuh diri dengan menembak kepalanya. Tak disangka di sana ia bangun kembali di tempat di mana ia pertama kali bertemu ayahnya, pengadilan Florida. Apakah ini berarti ia mendapat kesempatan kedua atau semua itu tadi hanyalah mimpi?

Pertanyaan tersebut belum terjawab untuk kemudian penonton dibuat terkejut lagi dengan sosok iblis (ayahnya) yang ternyata kini menyamar sebagai reporter. Penonton pun makin bingung.

5. Ini semua tipuan rumit
[lihat.co.id] - John Travolta dan Samuel L. Jackson bereuni dalam film BASIC garapan sutradara DIE HARD John McTiernan. Alih-alih memberikan film reuni yang disukai penggemarnya, mereka malah menyuguhkan sebuah cerita yang rumit dan akhirnya membuat penonton geram dan ingin segera melupakan film ini.

Kisahnya tentang agen DEA (Travolta) yang dijebak dengan hilangnya seorang calon agen dan timnya saat berlatih. Awal kisah yang sebenarnya menjanjikan tersebut dirusak oleh penulis naskahnya dengan menghadirkan banyak twist di tiap menitnya. Twistnya berlapis-lapis. Akhirnya diketahui bahwa Travolta sebenarnya ikut serta dalam latihan rencana palsu tersebut. Penonton... hanya bisa bingung.

6. Mereka orang yang sama
Klik Disini untuk lihat videonya

[lihat.co.id] - COLOR OF THE NIGHT adalah contoh buruk penggarapan film thriller erotis yang sempat booming di tahun 90-an. Ceritanya tentang seorang psikiater yang mengalami musibah karena salah satu kliennya bunuh diri di depannya. Ia lantas menetap di rumah temannya untuk menyembuhkan diri. Musibah tak berhenti di situ, temannya tersebut tewas terbunuh oleh seseorang tak dikenal. Psikiater tersebut lantas masuk dalam pusaran misteri.

Psikiater tersebut terpaksa menggantikan temannya menangani kelompok konseling. Di sana ia bertemu dengan Richi, pemuda yang tak jelas gendernya ini selalu terbata-bata dalam berbicara. Sosoknya pun misterius. Ia pun bertemu dengan Rose, wanita misterius yang sebelumnya tak ia kenal. Ia lantas menjalin hubungan asmara dengannya.

Pembunuhan ternyata terus berlanjut, hingga akhirnya diketahui bahwa Rose dan Richi adalah orang yang sama. Idenya bagus, namun pemeran gandanya yang kurang piawai sehingga sejak awal orang bakal curiga dengan kedua tokoh tersebut.

7. Pelakunya dia sendiri
[lihat.co.id] - Tidak ada twist ending yang berkaitan dengan kepribadian ganda seaneh film HIGH TENSION garapan Alexandre Aja ini. Dengan kisah pembuka yang menceritakan seorang gadis dikejar-kejar sopir truk pembunuh, ternyata diketahui bahwa sopir tersebut adalah gadis itu sendiri. Ending semacam ini sangat buruk. Bagaimana bisa kepribadian gandanya tersebut mengemudikan truk?

8. Amnesia, itu kuncinya
[lihat.co.id] - Jim Carrey ingin menggali sisi kelamnya dengan bermaind alam thriller THE NUMBER 23. Kisahnya tentang seorang pria yang tak sengaja menemukan novel. Tokoh dalam novel tersebut terobsesi dengan angka 23, obsesi itu lantas dialami juga oleh tokoh Carrey karena ternyata hidupnya tak jauh-jauh dari angka tersebut.

Ia pun berniat untuk memecahkan misteri novel tersebut dan mencari siapa pengarangnya. Dari penelusurannya, ia malah menemukan bahwa dirinya sendiri yang menulis buku tersebut sebelum ia mencoba bunuh diri. Dirinya yang ternyata masih hidup mengalami amnesia sehingga tentu saja ia tak ingat telah menulis buku tersebut. Apa saat ia amnesia tidak ada yang mengingatkannya ya?

9. Hari keramat: 9/11
[lihat.co.id] - REMEMBER ME adalah kisah percintaan klise yang alurnya demikian: pria bertemu wanita, pria berpisah dengan wanita, mereka bertemu kembali, sang pria mati dalam tragedi 9 September.  Drama yang dibintangi oleh aktor sepopuler Robert Pattinson ini memang tersaji sangat biasa. Pun menjelang endingnya saat dikisahkan tokoh Robert Pattinson memutuskan untuk mengunjungi ayah jahatnya di tempat kerjanya diplot menjadi endingnya. Twistnya terungkap saat penonton tahu tanggal kunjungan Robert ke kantor ayahnya tersebut yang ternyata berada di WTC.

10. Dunia dikuasai kera
[lihat.co.id] - Film original PLANET OF THE APES di tahun 1968 menghadirkan twist ending yang apik. Kepala patung Liberty yang tergeletak di pantai mengindikasikan bahwa bumi di masa depan dikuasai kera. Hal tersebut coba dilakukan lagi di tahun 2001 saat Leo Davidson (Mark Wahlberg) terdampar di Washington, DC, ia menemukan bahwa monumen Lincoln Memorial kini berwajah kera. Apakah ia terdampar di masa lalu? Atau masa depan? Atau tempat lain? Semua jadi membingungkan. 

Related Posts:

No comments: